Soal yang diberi Pak Sigit

KERAJINAN


Pengertian dari Kerajinan : Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinantangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Darikerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai.

Sumber : https://benyaminrizal.wordpress.com/.../pengertian-prakaryakerajinanrekayasapengolaha...

Bahan-Bahan yang digunakan dalam kerajinan : 


  1. Kerajinan tangan dari tanah liat.
Tanah liat merupakan bahan alam yang melimpat dan dapat dengan mudah ditemui disekitar lingkungan kita. Kerajinan yang banyak dibuat untuk digunakan sebagai peralatan rumah tangga ini dibentuh oleh tangan manusia dengan bantua alat pemutar atau perbot. Beberapa hasil karya kerajinan tangan dari tanah liat yang bisa dengan mudah kita jumpai antara lain.
  • Gerabah
Gerabah merupakan kerajinan tangan dari tanah liat yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan baik air maupun benda lainnya. Kerajinan tanah liat berupa gerabah ini sudah mulai sedikit peminatnya dikarenakan adanya produk yang lebih ringan dan lebih murah dengan bahan baku berupa plastik. Gerabah sebenarnya merupakan produk seni yang hampir sama dengan keramik, hanya berbeda pada permukaannya saja. Gerabah merupakan salah satu contoh karya seni rupa 3 dimensi
  • Keramik
Kerajinan keramik sudah dikenal dan berkembang sejak jaman cina kuno. Keramik merupakan salah satu kerajinan tangan yang berasal dari tanah liat yang telah melalui proses pembakaran. Benda benda keramik seperti guci dan vas bunga saat ini lebih menjadi sebuah benda yang memiliki nilai seni serta harga yang tinggi terutama apabila benda keramik tersebut memiliki nilai sejarah dan usia yang tua. Keramik saat ini selai sebagai kerajinan tangan yang memiliki nilai seni juga dimanfaatkan untuk bahan bangunan berupa lantai keramik,
  • Teko atau poci
Teko dan poci merupakan contoh dari kerajinan tangan berbahan dasar tanah liat yang mungkin sudah jarang kita jumpai di rumah tangga. Teko dan poci sudah menjadi barang antik yang memiliki nilai seni tersendiri dan termasuk salah satu barang koleksi terutama untuk teko dan poci yang memiliki nilai sejarah. Benda seni ini merupakan salah satu contoh seni rupa terapan yang memiliki fungsi sebagai penyimpan dan penyaji minuman. Memahami kerajinan tangan teh poci atau poci dapat menjelaskan denganmudah perbedaan seni rupa murni dan terapan.Kerajinan tangan dari serat alami.
Lingkungan Indonesia yang hijau menyimpan beraneka ragam tanaman yang memiliki serat. Beberapa dari tanaman tersebut dari diolah menjadi serat alami. Salah satu kerajinan tangan yang berasal dari bahan alam adalah kerajinan tangan serta alami. Kerajinan alam dengan bahan serat alami ini biasanya dibuat menggunakan teknik teknik dasar anyaman.
  • Kerajinan dari eceng gondok
Kerajinan tangan berbahan dasar eceng gondok ini muncul sebagai salah satu cara yang produktif untuk menghilangkan limbah enceng gondok yang merugikan. Eceng gondok merupakan tanaman air yang mengapung dengan kecepatan pertumbuhan yang tinggi sehingga sering disebut sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Kerajinan tangan dari eceng gondok ini dibuat dengan menganyam serat alami yang dibentuk dari eceng gondok kering. Karakteristik serta eceng gondok yang kuat dan mudah dibentuk menjadikanya sering diolah menjadi kerajinan tangan dengan fungsional tertentu mulai dari tas, tempat penyimpanan barang, sandal, sampai dengan furnitur.
  • Kerajinan dari pelepah pisang
Pelepah daun pisang dapat digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk membuat kerajinan tangan serat alami meskipun banyak yang tidak mengetahui ini. Pelepah pisang dapat diolah dan dibuat sebuah karya seni yang memiliki nilai seni dan ekonomi yang tinggi seperti seni lukis dari pelepah daun pisang.
  • Kerajinan dari daun pandan
Daun pandan merupakan salah satu tanaman dengan bau wangi khasnya yang sering digunakan sebagai bahan pewarna alami serta pewangi beberapa masakan. Ternyata daun pandan dapat menjadi bahan kerajinan seni serta alam yang menghasilkan benda seperti tikar, alas sajadah, topi dan hiasan hiasan lainnya. Selain daun pandan masih ada juga bahan alam yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kerajinan sabut alami seperti sabut kelapa dan kulit jagung.
  1. Kerajinan tangan dari kayu
Sebagai negara tropis, kayu merupakan komoditas yang melimpah dan banyak tersedia dari hutan hutan produktif yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Kayu merupakan salah satu jenis bahan alam yang dapat dibentuk menjadi sebuah karya seni melalui teknik pahatan, teknik ukir, teknik sambung, teknik bubut dan beberapa teknik lainnya. Kerajinan tangan dari bahan kayu merupakan salah satu kerajinan tangan yang sudah banyak diakui di mancanegara karena kualitas dan bentuk ukirannya yang sangat khas bergantung dari asal daerah kerajinan kayu tersebut.
  1. Kerajinan tangan dari bambu
Selain kayu, bambu juga merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditemui di negara tropis seperti Indonesia ini. Banyaknya bambu yang melimpah menjadikannya salah satu bahan terbaik untuk membuat kerajinan tangan. Berbagai macam benda seni yang fungsional dapat terbentuk melalui teknik ayaman bambu. Kerajinan tangan dari bambu sering kali dapat memberikan kesan traditional dan antik pada sebuah ruangan.  Beberapa hasil karya dari kerajinan tangan berbahan dasar bambu diantaranya adalah sandal bambu, tudung saji dari bambu, lukisan bambu, dan lainnya.
  1. Kerajinan tangan dari batu
Hampir disetiap tempat batu merupakan benda alam yang dapat dengan mudah ditemui. Sehingga banyak kerajinan tangan yang menggunakan batu sebagai bahan dasarnya. Namun tidak semua batu dapat digunakan menjadi kerajinan tangan karena beberapa jenis batu tidak tahan terhadap teknik pahatan yang dilakukan untuk memporses batu menjadi sebuah kerajinan tangan.
Sumber : DISINI

Jenis-jenis kerajinan dan bahanya : 
 1. Kerajinan dari Tanah Liat
Hasil gambar untuk kerajinan dari bahan tanah liat

Banyak sekali karya kerajinan yang dibuat dari tanah liat. Kerajinan dari bahan ini banyak dikenal dengan nama kerajinan keramik, yang proses pembuatannya mulai dari tanah liat yang dipijit, dibutsir, dipilin, dibakar, hingga diglatsir sampai menghasilkan barang yang indah. Indonesia sendiri memiliki berbagai jenis kerajinan dengan teknik yang berbeda sesuai ciri khas daerah masing-masing. Umumnya, ciri khas ini ada pada bentuknya yang unik, ragam hias yang ditampilkan, dan berbeda jika dibandingkan dengan negara lain. Contoh kerajinan lain dari tanah liat yaitu, gerabah, vas bunga, guci, hingga piring.
2. Kerajinan dari Serat Alam
Hasil gambar untuk kerajinan dari serat alam

Serat alam juga banyak menghasilkan aneka ragam kerajinan. Umumnya teknik pembuatan kerajinan dari bahan serat alam ini dibuat dengan cara dianyam. Hasil dari kerajinan ini di antaranya adalah tas, dompet, alas meja, tempat lampu, topi, dan lain sebagainya.
3. Kerajinan dari Kulit
Hasil gambar untuk kerajinan dari kulit

Kerajinan ini menggunakan bahan baku kulit yang sebelumnya sudah disamak. Kulit yang digunakan bisa berupa kulit mentah ataupun kulit sintetis. Kulit ini berasal dari hewan, seperti buaya, sapi, kambing, kerbau sebagai bahan dasar kerajinan. Kerajinan kulit ini menghasilkan banyak barang atau benda seperti tas, dompet, wayang, jaket, sepatu, dan lain sebagainya.
Kerajinan dari bahan lunak buatan:
1. Kerajinan Gips

Hasil gambar untuk kerajinan gips
Gips merupakan bahan mineral yang sifatnya tidak larut air dalam jangka waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Gips mengandung beberapa jenis zat, seperti hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral seperti karbonat, nitrat, sulfat, borat yang terlepas sehingga gips dalam proses pengerasannya akan terasa panas. Untuk membuat benda dengan bentuk yang diinginkan, maka prosesnya harus dicairkan terlebih dahulu dan kemudian dibuat cetakan.
Pembuatan model juga diperlukan jika gips akan diproduksi dalam jumlah yang banyak. Karena umumnya pembuatan gips memerlukan cetakan, maka bahan utama pembuatan cetakannya yaitu silicone rubber. Namun jika ingin membuat yang paling mudah dan tidak sulit dicari bisa menggunakan plastisin atau tanah liat. Umumnya kerajinan dari gips berupa hiasan dinding atau mainan.
2. Kerajinan Lilin
Hasil gambar untuk kerajinan terbuat dari lilin

Jika diperhatikan, pembuatan kerajinan dari bahan lilin merupakan yang paling mudah dan sederhana dibandingkan dengan yang lainnya. Kerajinan dari lilin juga bisa dilakukan oleh hampir semua orang. Untuk membuatnya bisa dengan mengukir lilin secara langsung atau mencairkan terlebih dahulu. Jika Anda ingin membuat lilin dengan bentuk yang unik dan sesuai keinginan maka Anda perlu mencairkannya terlebih dahulu dengan memanaskannya di atas api atau kompor. Contoh kerajinan dari bahan lilin ini yaitu bunga lilin atau berbagai hiasan lainnya.
3. Kerajinan Sabun

Hasil gambar untuk kerajinan dari sabun
Untuk membuat kerajinan dari sabun tentunya menggunakan sabun batangan. Ada dua cara untuk mengolah sabun menjadi kerajinan. Pertama, dengan mengukir sabun dengan gambar yang diinginkan seperti binatang, buah, bunga, dan lain sebagainya. Yang kedua adalah membentuk sabun dengan memarutnya hingga menjadi bubuk, kemudian dicampur dengan sagu dan sedikit air, dan dibuat adonan baru seperti membuat bentuk dari bahan plastisin.
4. Kerajinan Bubur Kertas
Hasil gambar untuk kerajinan dari bubur kertas

Sisa kertas yang sudah tidak terpakai ternyata bisa dimanfaatkan dengan membentuk aneka ragam karya kerajinan. Untuk membuat kerajinan dari bubur kertas ini umumnya membutuhkan koran bekas, tepung kanji, air, lem, serta alat lain yang dibutuhkan tergantung dari bahan apa yang ingin dibuat. Anda bisa membuat celengan, tempat pensil, bingkai, dan lain sebagainya dari bubur kertas ini.

Sumber : Click Me

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keragaman Muatan Nilai dalam Produk Kerajinan

MEMBUAT KERAJINAN PLASTISIN

Aspek Rancangan dalam Produk Kerajinan